Made in Indonesia

Mencintai produk dalam negeri harus dimaknai sebagai gerakan kultural, yang merupakan bagian dari upaya menanamkan nasionalisme terhadap setiap elemen bangsa

Cinta kepada produk dalam negeri merupakan bagian dari semangat kemandirian.

 

Mengapa kita harus mendukung apapun bentuknya ketika itu adalah hasil karya, pengembangan, inovasi dari para anak bangsa ?

Ya, dengan jumlah penduduk secara demografi yang sangat luar biasa jumlahnya, ini adalah sebagai indikator kekuatan ekonomi yang dapat dibangun, namun celakanya ketika kita lebih bangga bahkan terkadang tutup mata dan menafikan karya dari para anak bangsa dengan meng-agung agungkan produk manca negara, yang sejatinya mereka mulai kebingungan kemana akan merilis produk produk mereka.

Apapun itu bentuk produknya, produk manca negara saat ini menguasai sebagian besar kebutuhan penduduk Indonesia.

Tak bisa dibayangkan dengan alasan "menjadi kemudahan" ketika produk atau layanan itu digunakan, secara pasti, masif dan berkelanjutan, masyarakat kita "melenakan diri" dalam bayang-bayang "kemudahan". Sehingga naluri dan keinginan untuk menjadi "inventor", dan "pioner" dalam bidangnya akhirnya menjadi melemah dan dilemahkan oleh keadaan akibat buaian "kemudahan" dari produk-produk atau layanan manca negara.

Hingga pada akhirnya masyarakat kita hanya menjadi OBYEK dan bukan sebagai SUBYEK.

 

Sejatinya keunggulan menggunakan produk-produk lokal perlu kita ketahui, dan semoga Anda menjadi semakin tertarik dan semakin menggencarkan konsumsi atau mengenakan brand atau menggunakan produk buatan anak bangsa. Atau mungkin Anda justru tertarik untuk membuka bisnis dengan brand lokal Anda sendiri.

Beberapa alasan mengapa kita perlu bangga dan menggunakan produk anak bangsa :

 

  • Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan Menciptakan Lapangan Pekerjaan

 

  • Kualitas Produk Tinggi dengan Harga yang Lebih Terjangkau

 

  • Melestarikan Kearifan Lokal

 

  • Membantu Menjaga Lingkungan dan Alam

 

Ayo .... mari kita dengan lantang meneriakkan " UNTUK INDONESIA RAYA "

 

Tim Komunitas Indonesia

 

 


Komunitas Indonesia

7 Blog Posting

Komentar