Bebas Tapi Belum Lepas

Genap sudah 28 hari, enam orang kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di bui. Dalam penjara, semuanya hanya bisa berharap "Kapan keluar dari jeruji besi dan bisa pulang"

Genap sudah 28 hari, 6 orang kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di bui. Dalam penjara, semuanya hanya bisa berharap, "Kapan Keluar, dari jeruji besi dan bisa pulang". 

Siang itu, semua orang yang ditahan di bawa ke Polres Pangkal Pinang. Kali ini tanpa borgol dan sedikit ada tawa. Adalah, Penahanan ditangguhkan. Namun proses hukum tetap berlanjut, dan status keenam orang tersangka ini, setelah adanya penangguhan penahanan, status hukumnya adalah tertangguhkan. 

Bila dianalogikan seperti layaknya badan, yakni kedua kaki. Maka status penangguhan penahanan, bukanlah lepas.  Akan tetapi lebih kepada bebas bersyarat. Hanya tinggal menunggu waktu, perkara ini dilanjutkan atau dihentikan. 

Artinya, pada analogi dua kaki, adalah satu kaki berada di luar, dan satu kaki lagi masih dipenjara. Begitu juga ketika situasi di luar. Adalah bebas bersyarat, dan setiap satu minggu sekali, diwajibkan untuk lapor. 

Peritiwa ini mirip seperti peristiwa orba, orang-orang yang terindikasi dekat dengan orang PKI, diwajibkan lapor. Atau dalam istilah lain yakni, status tersangka yang belum selesai. Begitulah nasib 6 orang tahanan yang bebas namun tidak lepas. 

Meski demikian, semua senior-senior hadir medampingi dan mengawal bagaimana perkara ini, agar bisa cepat selesai. Terlepas dalam hal ini disebut "Ofside" atau "Salah" prinsipnya adalah, yang penting keluar dulu. 

Tetap semangat, tetap Yakin, sebab hanya dua hal itu yang saat ini kita miliki. Setelah itu tak ada lagi. Menyandang status tahanan kota, sama halnya seperti tahanan politik. Semua gerak gerik serba diawasi. Tapi kita tetap Yakin, dan perlahan, badai pasti berlalu. 

Perlahan juga jalan mulai terang, dan sisanya hanyalah cerita, di dalamnya ada tawa, canda, tangis, sesal dan perang batin. Itu semua tercipta dan ada dalam Penjara. Inilah aku dan Bukit Intan. 

Rabu, 03 Desember 2020

Bukit Intan, Pangkal Pinang.


hajimerah

3 Blog Posting

Komentar